Monday, July 23, 2018

Update, RPP Kurikulum 2013 Pemrograman Dasar Multimedia terbaru

Halo sahabat guru multimedia, mohon maaf karena baru post lagi mengenai RPP yang kemaren sempat ditanyakan oleh rekan-rekan kita.
ini adalah versi revisi total dari rpp sebelumnya, dan masih perlu banyak pembenahan oleh sahabat semuanya, namun insyaallah yang ini lebih di sempurnakan dari yang sebelumnya.
berikut adalah sekilas RPP yang akan saya share,



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1

Mata Pelajaran      :            Pemrograman Dasar
Kelas                  :    X
Satuan Pendidikan :            SMK/MAK


Kompetensi Inti   :     -                    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-       Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
-       Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah  pengawasan langsung
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar             :     -                 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
-       Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
-       Membuat alur logika pemrograman komputer
-       Melakukan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Menulis kode pemrograman sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
Indikator            :      -            Menjelaskan dan menerapkan alur logika pemrograman komputer
-       Mempraktikkan pembuatan alur logika pemrograman komputer
-       Memahami dan menjelaskan perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Mempraktikkan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Menjelaskan dan menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
-       Membuat kode program dengan beberapa bahasa pemrograman sesuai dengan aturan
-       Menggunakan perangkat lunak aplikasi pemrograman
Alokasi Waktu   :    24 jam pelajaran (12 x pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

-       Peserta didik dapat menjelaskan dan menerapkan alur logika pemrograman komputer
-     ­  Peserta didik dapat mempraktikkan pembuatan alur logika pemrograman komputer
-     ­  Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Peserta didik dapat mempraktikkan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
-       Peserta didik dapat menjelaskan dan menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
-       Peserta didik dapat membuat kode program dengan beberapa bahasa pemrograman sesuai dengan aturan
-       Peserta didik dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi pemrograman
Karakter peserta didik yang diharapkan:
-       Kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab


B.        Materi Pembelajaran

      Pemrograman komputer
      Pertemuan Ke-1 s.d. 12
1.  Algoritma adalah urutan langkah-langkah atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara logis dan sistematis.
2.  Terdapat tiga komponen dalam merancang sebuah algoritma, yaitu input, output, dan proses.
3.  Terdapat tiga penulisan suatu algoritma, yaitu bahasa natural, pseudocode, dan flowchart.
4.  Macam-macam bahasa pemrograman, yaitu bahasa C, C++, Pascal, DELPHI, Java, dan sebagainya.

C.  Metode Pembelajaran

1.  Pendekatan   : Saintifik
2.  Model       : Inquiry learning (Pembelajaran inkuiri)
3. Metode    : Ceramah, diskusi, dan inkuiri

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan Ke-1 s.d. 12
      Pendahuluan (30 Menit)
1.  Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2.  Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik memahami alur pemrograman komputer
3.  Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh peserta didik yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
4.  Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai pengertian pemrograman komputer
5.  Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.  Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7.  Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik
Kegiatan Inti (1.020 Menit)
Mengamati:
1.  Guru meminta peserta didik mencermati diagram alur pemrograman komputer
2.  Guru memberikan penjelasan singkat tentang alur pemrograman komputer sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik
3.  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
4.  Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati
Menanya:
1.  Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
2.  Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang macam-macam perangkat lunak bahasa pemograman komputer
Mengumpulkan Informasi:
1.  Guru membimbing peserta didik untuk menggali informasi tentang berbagai struktur bahasa pemrograman komputer
2.  Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan dan Kegiatan di buku Pemrograman Dasar X dan mencari sumber belajar lain
3.  Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Pemrograman Dasar X dan referensi lain
4. Guru dapat menjadi sumber belajar bagi peserta didik dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
5.  Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1.  Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis cara menggunakan perangkat lunak pemrograman untuk membuat kode program
2.  Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
3.  Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1.  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai alur pemrograman komputer
2.  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3.  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1.  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4.  Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5.  Guru dapat meminta peserta didik untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
6.  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
7.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E. Alat, Media, dan Sumber Belajar

1. Alat                  :   -   Seperangkat komputer
2.  Media                          :   -   PowerPoint      
3. Sumber belajar      :   -   Buku paket
   -   Buku lain yang relevan
   -   Buku Pemrograman Dasar X
F.   Penilaian
1. Teknik/jenis               :   kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk instrumen    :   pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran           :
            Penilaian Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Kerja keras
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

2.
Kreatif
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

3.
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

4.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

Keterangan:
1.    BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
            Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1. Menjelaskan dan menerapkan alur logika pemrograman kom-puter
2. Mempraktikkan pembuatan alur logika pemrograman komputer
3. Memahami dan menjelaskan perangkat lunak bahasa pem-rograman
4. Mempraktikkan instalasi pe-rangkat lunak bahasa pemrog-raman
5. Menjelaskan dan menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
6. Membuat kode program dengan beberapa bahasa pemrograman sesuai dengan aturan
7. Menggunakan perangkat lunak aplikasi pemrograman
Tes tertulis
Uraian
1.  Apakah yang dimaksud algoritma?
2.  Apakah hubungan antara logika dengan algoritma?
3.  Apakah yang dimaksud dengan ba-hasa pemrograman?
4.  Sebutkan macam-macam bahasa pemograman tingkat rendah!
5.  Jelaskan tiga struktur dasar yang ada pada algoritma!!




Mengetahui
Kepala Sekolah

...........,   Juli 2018                       
Guru Mata Pelajaran




============================





=========================
Perangkat pembelajaran yang ini tidak di sertakan dengan materi, rekan-rekan guru dapat mengambil materi dari RPP  yang telah saya share postingan RPP Kurikulum 2013 Pemrograman Dasar Multimedia terbaru sebelumnya.

berminat? silahkan klik disini
semoga bermanfaat,

Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home