Monday, August 21, 2017

RPP Kurikulum 2013 Pemrograman Dasar Multimedia terbaru


Perangkat ajar merupakan alat atau media yang dapat membantu dalam suatu kegiatan misalnya dalam pengajaran matematika di suatu sekolah. Perangkat ajar bisa dari bentuk yang sederhana sampai yang menggunakan media komputerisasi.
Pengajaran dengan menggunakan media komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana seperti drill-and-practice dan tutorial sampai ke bentuk yang kompleks seperti pengajaran dengan menggunakan media komputer yang bersifat intelijen atau cerdas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perangkat ajar di dalam pengajaran dengan menggunakan media komputer haruslah memberikan kemungkinan-kemungkinan sehingga pemakainya dapat mengolah informasi sedalam mungkin.
Pengolahan informasi yang dalam akan sangat membantu penyimpanan informasi di dalam memori seseorang, yang akan mempengaruhi jangka waktu ingatan akan informasi tersebut. Pengolahan informasi ini sangat dipengaruhi oleh rancangan instruksional dari perangkat ajar dan pemakaian strategi belajar yang tepat oleh pemakai perangkat ajar.

Berikut Contoh RPP Pemrograman Dasar


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  ( RPP )

Mata Pelajaran                                     :    Pemrograman Dasar
Kelas / Semester                                    :    XI / 1
Pertemuan                                             :    1- 4
Alokasi Waktu                                      :    8  x 45 Menit
Standar Kompetensi                             :    Menerapkan Pemrograman Dasar
Karakter Bangsa yang diharapkan    :    Disiplin, Kreatif, Mandiri, Tanggung Jawab, Kerja sama.

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.5  Menerapkan Penggunaan Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi
a. Defenisi Tipe data, variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi

4.6  Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
a.    Menyajikan informasi mengenai penggunaan tipe data dan variabel.
b.    Menyajikan informasi mengenai penggunaan konstanta.
c.    Menyajikan informasi mengenai penggunaan operator ekspresi

C.      Tujuan pembelajaran
a.       Dapat mengetahui dan mengerti pengertian variabel, konstanta.
b.      Mengetahui Fungsi variabel dan konstanta
c.       Membuat Program dengan menggunakan konstanta
D.      Materi Ajar
1.      Tipe data, variabel, operator dan ekspresi
2.      Tipe data, variabel dan konstanta.
3.      Operator dan ekspresi

E.       Metode Pembelajaran
1.      Penyampaian
2.      Tanya jawab
3.      Tes Program
4.      Praktek

F.       Media pembelajaran
1.    Komputer
2.    Buku Algoritma
3.    Buku Struktur data
4.    Internet




Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home