Thursday, November 3, 2016

Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti

Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti (Penumbuhan) 
Gerakan berarti menjadikan aturan ini sebagai milik bersama. Kemendikbud menggunakan istilah penumbuhan, bukannya penanaman. Kemendikud meyakini bahwa pada dasarnya setiap siswa memiliki bibit-bibit nilai positif. Mereka tentu tahu apa itu kejujuran, sopan santun, kebaikan, menolong teman, dan sebagainya.Karena sudah ada di dalam diri siswa, maka menjadi tugas kita bersama untuk membuat lingkungan agar nilainilai positif yang ada dalam anak itu tumbuh dengan baik, sehingga membuahkan perilaku yang berbudi pekerti.
Caranya dengan menciptakan iklim sekolah yang lebih baik, agar semua warga sekolah turut berbudi pekerti. Prosesnya ada di dalam sekolah itu sendiri, bukan 

dari luar sekolah lalu ditancapkan dan ditanam.  Penumbuhan ini tak dimasukkan ke intra kurikuler. Selain akan membuat tas seorang anak lebih berat, jika Penumbuhan ini dimasukkan ke intra kurikuler maka hanya akan dilihat sebagai pengetahuan. Padahal Penumbuhan itu bukan sekadar pengetahuan, tapi juga laku sehari-hari. Misalnya, seseorang yang memiliki karakter jujur itu tentu telah melalui proses kebiasaan jujur. Kebiasaan itu dia jalankan terus sehingga membentuk karakternya, dan kemudian menjelma menjadi budaya jujur. Melihat pola ini, maka pendidikan harus memasukkan proses pembiasaan.  Dalam Penumbuhan ini Kemendikbud menggunakan jalur non-kurikuler.
untuk selengkapnya bisa shobgres DOWNLOAD sendiri.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home