Tuesday, February 20, 2018

Cara Memperbaiki Kesalahan DNS pada Webmaster Tools

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya Kesalahan DNS yaitu Googlebot tidak sanggup berkomunikasi dengan server DNS alasannya ialah server nonaktif atau pun alasannya ialah terdapat problem dengan perutean DNS ke domain Anda. 

Kesalahan DNS (Domain Name System) merupakan kesalahan yang umumnya terjadi alasannya ialah pihak penyedia hosting dan domain berganti server. Pada ketika pergantian server tersebut, Googlebot tidak sanggup merayapi atau mengindeks situs /blog Anda. Nah, untuk itulah akan diberitahukan kepada pemilik situs/blog melalui webmaster tools, bahwa telah terjadi kesalahan DNS dan untuk sementara tidak sanggup dijangkau.

Cara Memperbaiki Kesalahan DNS
Cara mengatasi kesalahan DNS merupakan pengalaman langsung saya ketika mentransfer domain blog ke pencatat domain baru. Kesalahan DNS ini terjadi sekitar 1 ahad lamanya, dan saya biarkan saja alasannya ialah saya tidak mengecek webmaster tools dan tidak mengetahuinya. Akibat dari kesalahan DNS tersebut menciptakan trafik blog saya menurun drastis.

Baca: Kesalahan DNS Mengakibatkan Trafik Blog Turun Drastis

Untuk mengatasi kesalahan DNS ini, kali ini saya akan membagikan pengalaman ini kepada rekan-rekan blogger yang mungkin juga pernah mengalami insiden yang sama, yaitu kesalahan DNS. Awalnya saya mengabaikan pesan yang muncul di webmaster tools ini, alasannya ialah blog masih sanggup diakses. Setelah berselang beberapa hari, Googlebot tidak sanggup merayapi blog. Kemudian saya bertanya pada teknisi penyedia layanan domain saya. Dan saya diberikan langkah-langkahnya, berikut ialah cara untuk mengatasinya:

Cara Mengatasi Kesalahan DNS

1. Memastikan Google sanggup merayapi situs/blog Anda dengan melaksanakan investigasi melalui “Ambil Sebagai Google” (Fetch As Google) pada webmaster tools.

Jika terjadi kesalahan DNS sebaiknya Anda sebagai pemilik blog tidak perlu khawatir, meskipun sedikit berdampak pada trafik blog. Langkah yang perlu Anda lakukan ialah sebagai berikut:

  • Lalukan pengecekan memakai webmaster tools, dan lakukan perayapan memakai tunjangan “Ambil Sebagai Google”.
  • Jika Googlebot masih sanggup merayapi dan mengindeks blog Anda, anggap saja tidak terjadi masalah. Bisa terjadi hingga lebih dari 24 jam, blog tidak akan dirayapi oleh google. Untuk tahap ini, sebaiknya Anda harus menghubungi pihak penyedia layanan hosting dan domain.

Cara Mengatasi Kesalahan DNS pada Webmaster Tools

- Pertama silahkan Anda masuk ke halaman utama pada webmasters tools, kemudian pilih Blog >> Klik Perayapan >> Ambil sebagai google. Pada posisi ini, kosongkan kolom yang tersedia untuk merayapi beranda, kemudian klik tombol “Ambil dan Render”.


- Langkah selanjutnya, kirim ke indeks, dan rayapi url ini saja, kemudian klik Minta pengindeksan. Bila langkah ini berhasil dilakukan, berarti blog Anda tidak bermasalah.

2. Menghubungi Pihak Penyedia Hosting dan Domain Anda

Jika kesalahan DNS yang berlanjut atau masih tetap terjadi dan Googlebot tidak sanggup merayapi blog Anda, sebaiknya Anda harus segera mengkonfirmasi pada penyedia layanan hosting dan domain ditempat Anda membelinya. Sampaikan bahwa blog Anda mengalami problem pada Kesalahan DNS.

Biasanya Anda akan diminta untuk menjelaskan pesan kesalahannya, copy saja pesan pemberitahuan yang didapat pada webmaster tools. Kemudian Anda tinggal menunggu beberapa ketika hingga proses pengecekan selesai. Bila Anda sudah yakin problem terselesaikan, silahkan lakukan langkah-langkah pada poin pertama tadi untuk mengecek melalui webmaster tools.

Nah jadi kesimpulannya, kalau terjadi kesalahan dns total, langkah yang perlu Anda lakukan ialah adalah melaksanakan pengecekan dan “ambil sebagai google” untuk merayapi situs/blog Anda. Apabila berhasil dirender, maka blog Anda masih dalam kondisi baik. Kondisi paling parah, blog Anda tidak terjangkau hingga tidak sanggup diakses. Namun Anda tidak usah panik alasannya ialah ini merupakan problem umum yang sering terjadi.

Demikian tutorial Cara Mengatasi Kesalahan DNS pada Webmaster Tools, semoga sanggup bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil.
Cara Mengatasi Kesalahan DNS Total pada Webmaster Tools - See more at: http://www.sosilinguistik.xyz/search?q=kesalahan-dns-dapat-mengakibatkan-trafik-blog-turun-drastis#sthash.d9Mw1In7.dpuf

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home