Thursday, September 28, 2017

Materi Pemrograman Dasar : Alur Logika Pemrograman Komputer

Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah, Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode Structure English dan Pseudocode. sedangkan Penyajian algoritma dengan teknik gambar biasanya menggunakan metode Structure Chart, HIPO, dan Flowchart Program  

Definisi Algoritma :
  1. Teknik penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas, tetapi tersusun secara logis dan sistematis.
  2. Suatu prosedure yang jelas untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya.
Ciri-ciri Algoritma :

Algortitma mempunyai awal dan akhir
Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiquous)
Memiliki masukan (input) atau kondisi awal
Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir
Algoritma harus efektif


Sifat Algoritma :
Input : 
   Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum algoritma dilaksanakan.

Output : 
   Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, atau algoritma akan mengubah kondisi awal menjadi kondisi akhir.

Definiteness :
   Merupakan langkah-langkah yang dituliskan dalam algoritma terdefinisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengguna algoritma 

Finiteness :
   Suatu algoritma harus memberikan kondisi akhir atau output setelah melakukan sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya untuk setiap kondisi awal atau input yang diberikan.

Effectiveness :
   Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya memberikan solusi sesuai yang diharapkan.

Generality :
    Langkah-langkah algoritma berlaku untuk setiap himpunan input yang sesuai dengan persoalan dengan persoalan yang akan diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.

Contoh :

Tentukan nilai a dengan rumus a=b+c
      Urutan penyelesaian masalah :
Tentukan output
Tentukan data input ( b dan c )
Lakukan proses (a=b+c)
Tampilkan output (a)
A?---------->> Untuk menentukan nilai A maka yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah nilai B dan nilai C

Keterangan :
Untuk nilai b dan c ini dapat berupa konstanta atau merupakan hasil proses yang lainnya. Jadi Nilai a tidak akan bisa didapatkan sebelum kita mengetahui nilai b dan nilai c. 
Jadi langkah pertama kita adalah menentukan nilai b dan c, kemudian baru menghitung pertambahan kedua nilai tersebut. Hasil dari proses ini merupakan output yang dinginkan. Urutan proses inilah yang disebut sebagai urutan logis. 





Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home