Sunday, September 10, 2017

Langkah Mudah Cara Mencari Sinyal Trans TV ,Trans 7 dan ANTV di Satelit TELKOM 3S

Berawal dari kejenuhan melihat acara TV yang gitu-gitu saja karena siaran Trans TV dan Trans 7 hilang kembali setelah sesaat ada di satelit PALAPA , saya kemudian berinisiatif untuk mengoprek si Payung ajaib alias parabola, setelah sekian lama bersurfing di jagad maya akhirnya nemu tutorial yang menurut saya pas untuk dicoba. Bermodalkan nekat, langsung eksekusi, butuh sekitar 3 jam untuk menemukan seluruh siaran karena memang ilmu saya yang masih dangkal dibidang oprek parabola.


Oke, langsung saja... Saya bagikan step by step yang saya lakukan untuk menemukan siaran Trans Corp.
Catatan : tidak perlu oprek bagian LNB ya gaes disini saya praktek menggunakan  DUAL LNB, dengan Receiver MPEG2. Yg 4 LNB dan HD belum saya coba.
  
Langkah pertama yang dilakukan yaitu melakukan Edit Satelit untuk memindah posisi LNB pada menu Pengaturan Satelit ( dalam gambar merupakan menu pengaturan receiver GOLDSAT, untuk setiap receiver MPEG 2 langkah pengaturannya terkadang berbeda ).



SATELIT PALAPA
Ubah bagian Pada :
22K : Aktif
DISEqC : Port 1



SATELIT TELKOM 1
Ubah bagian Pada :
Nama Satelit  menjadi Telkom 3S ( tidak harus )
22K : Tidak Aktif
DISEqC : Port 2

Langkah kedua yaitu dengan membuat saluran baru pada menu pengaktifan saluran ( Penambahan saluran baru dimaksudkan untuk mencari titik sinyal terkuat pada masing-masing satelit untuk kemudian di lock).



Pada TELKOM 3S  lakukan Penambahan TP
FREK : 03548
SIMBOL RATE : 06000
POL : H
Kemudian Lakukan Penyimpanan.


Lakukan pengenduran pada baut pengunci kemiringan parabola, kemudian tarik DISK hingga mengarah lebih ke timur Sekitar 1-2 CM sampai Menemukan sinyal minimal diatas 30%, setelah itu biarkan sejenak dan kembali lagi ke receiver.



Pada SATELIT PALAPA lakukan Penambahan TP
FREK : 03786
SIMBOL RATE : 05630
POL : H
Kemudian Lakukan Penyimpanan.

Lakukan dengan menaikkan atau menurunkan DISK sampai kedua satelit sama-sama mendapatkan sinyal ( beda tempat, beda kekuatan sinyal ).
Kencangkan Kembali Baut Kunci Kemiringan Parabola, Selanjutnya lakukan pencarian otomatis untuk masing-masing satelit.

Dan taraaaa... Siaran Trans CORP Kembali Muncul.


Cara ini berhasil saya praktikkan untuk TV di rumah saya, semoga berhasil.. 

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home